Kelebihan dan Kekurangan Gunakan Tabungan Berjangka

Memiliki tabungan berjangka saat ini dinilai memiliki kelebihan yang bagus untuk masa depan investasi Anda. Tapi, apakah itu sesungguhnya benar? Tabungan jenis ini memang memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa Anda manfaatkan. Hanya saja, tabungan ini juga memiliki kelemahan. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan dari tabungan ini?

Kelebihan Tabungan Jenis Berjangka

Jika ditanya apa kelebihan dari tabungan jenis ini, salah satunya adalah suku bunga yang tinggi. Suku bunga dari tabungan ini jauh lebih tinggi dibanding jenis tabungan yang lain. Makin besar jumlah tabungan dan jangka waktu yang Anda ambil, maka makin besar jugalah dana yang Anda dapat dari tabungan ini.

Selain itu, tabungan ini juga bisa jadi sarana investasi yang bagus. Tabungan ini memiliki nilai pokok yang terjaga. Ini lebih baik dibanding Anda mengambil investasi jenis saham yang memiliki nilai pokok yang kadang naik kadang turun. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi diri dengan asuransi bila memilih tabungan berjangka ini.

Asuransi ini akan melindungi Anda dan keluarga bilamana tak bisa melunasi semua tagihan sampai jangka waktu selesai karena suatu hal. Misalnya saja, Anda mengambil tabungan dengan jangka waktu 5 tahun. Namun, setelah 4 tahun, Anda mengalami kecelakaan, sakit parah atau malah meninggal dunia yang menyebabkan hilangnya sumber penghasilan.

Bila ini terjadi, Anda tak perlu khawatir. Bila Anda mengambil asuransi, maka setoran bulanan sisa yang harus Anda lunasi akan dibayarkan oleh bank sampai jangka waktu jatuh tempo masanya. Nantinya, uang dari tabungan Anda ini akan diberikan pada ahli waris bila Anda meninggal atau pada Anda sendiri bila masih hidup tapi tak bisa bekerja.

Selain itu, menabung menggunakan tabungan ini bisa jadi investasi terbaik karena uang yang ada dalam tabungan Anda aman. Sebab, tabungan ini ada dalam lindungan LPS yang menjaga dana Anda dari kehilangan akibat kebangkrutan atau likuidasi bank. Dana yang Anda simpan akan dikembalikan oleh LPS misalnya hal ini terjadi.

Lalu, Apa Kekurangannya?

Meski kelebihan dari tabungan ini sangat banyak, nyatanya tabungan ini juga memiliki kekurangan, lho! Anda akan dipaksa menabung tiap bulannya karena bank akan menarik dana secara otomatis melalui tabungan Anda. Selain itu, tabungan jenis ini juga lemah terhadap inflasi sehingga meski bunganya tinggi, ini tak ada artinya bila inflasi tinggi terjadi.

Nah, sudah paham kan mengenai tabungan jenis berjangka yang baik untuk investasi terbaik Anda? Kalau Anda tertarik untuk bergabung, Anda bisa gabung di DBS Bank saja. DBS Bank menyediakan tabungan dengan jangka waktu yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kemampuan. Syarat dan ketentuan untuk gabungnya pun juga tak ribet!