Ciri-Ciri Domba Garut yang Sehat untuk Hewan Qurban

Salah satu pilihan bagi Anda yang akan qurban domba adalah domba garut. Domba ini mudah untuk didapatkan. Anda bisa mendatangi peternaknya langsung yang ada di garut atau memesannya secara online. Anda juga dapat melakukan survei ke pasar hewan untuk bisa mendapatkan domba jenis ini dengan terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri domba garut yang sehat.

  1. Bagian Mata

Pertama sekali yang perlu Anda lihat adalah bagian mata domba garut. Domba dalam keadaan sehat jika memiliki mata bersinar dan jernih. Jika Anda menemukan mata dalam keadaan merah dan di dalam mata domba terlihat seperti ada cacing maka ini menandakan domba garut dalam keadaan tidak sehat.

Mata domba yang tidak sehat juga bisa Anda lihat dengan adanya kotoran yang menempel atau pun kondisi mata yang tidak lengkap atau mengalami cacat. Domba yang mengalami cacat pada bagian mata akan membuat qurban Anda tidak sah yaitu jika matanya buta sebelah. Kebutaannya terlihat dengan jelas maksudnya adalah matanya keluar atau tercungkil.

  1. Bobot Tubuh

Setelah memperhatikan bagian yang paling utama dan paling mudah untuk menentukan domba garut sehat atau tidak, lalu perhatikan bobot tubuhnya. Domba garut yang dalam keadaan sehat akan memiliki bobot tubuh yang standar.

Adapun bobot standar domba garut jantan adalah minimal memiliki bobot 57,74 kg dan untuk domba betinanya minimal memiliki bobot 36,98 kg. Bobot pada hewan qurban merupakan bagian yang juga penting untuk Anda penuhi  karena domba yang terlalu kurus tidak mempunyai sumsum sehingga membuatnya cacat.

Ciri-Ciri Domba Garut yang Sehat untuk Hewan Qurban

  1. Nafsu Makan

Bagi Anda yang akan melakukan survei atau yang akan membeli domba garut sebaiknya melihat kondisi kesehatannya ketika domba sedang makan. Jika domba memiliki nafsu makan yang tinggi dan dapat makan dengan lancar berarti domba dalam keadaan sehat. Anda dapat melakukan pemantauan ini beberapa kali jika langsung membelinya kepada peternak.

  1. Domba Bergerak Lincah

Hewan yang dalam keadaan sehat akan bergerak dengan lincah begitu pun dengan domba garut. Domba garut yang dalam keadaan sehat akan bergerak dengan lincah yang terlihat dari cara berdiri dan makannya. Jika domba lebih banyak merebahkan badannya dan terkulai lemas berarti domba dalam keadaan yang tidak sehat.

  1. Kelengkapan Tubuh

Selain bagian mata, Anda juga perlu memperhatikan dengan lebih teliti pada bagian tubuh lainnya untuk memastikan kesehatan domba tersebut. Pada ekornya lihat apakah terdapat luka yang membuatnya terlihat sangat kotor, Anda bisa menanyakan kepada peternak atau pun penjual penyebab dari luka tersebut.

Selanjutnya, lihat bagian kulit domba. Apakah bulunya jernih tanpa ada parasit yang menempel seperti kutu atau pun jenis parasit lainnya. Adanya parasit menandakan bahwa domba garut tersebut tidak bersih dan tentu berisiko pada kondisi kesehatannya. Belum lagi jika kulitnya mengalami luka atau culak. Pastikan kembali kepada peternak faktor apa yang menjadi penyebab.

Pastinya domba garut yang sehat memiliki kaki dan tangannya yang lengkap dan tidak mengalami cacat. Anda dapat melihat dari caranya berdiri dan berjalan. Perhatikan dengan sangat teliti karena hewan yang cacat bisa berisiko ibadah qurban Anda menjadi tidak sah.

Baik itu qurban domba atau pun qurban kambing, Anda harus hati-hati dalam memilih hewan qurban tersebut. Jika Anda meninggalkan salah satu syarat sah hewan qurban maka itu akan membuat ibadah qurban Anda menjadi tidak sah. Maka dari itu sebelum membeli hewan qurban Anda perlu mengetahui apa saja syarat hewan qurban yang dinyatakan sah.