6 Kota Bersejarah di Finlandia yang wajib Anda Kunjungi

Berbicara mengenai kawasan Skandinavia, tentu tak lepas dengan nuansa sejuk dan kebersihan negara yang ada di sana. Salah satu negara di kawasan Skandinavia dengan nilai sejarah serta keindahan alam yang baik adalah Finlandia. Negara yang berbatasan langsung dengan Swedia dan Rusia ini menyajikan ribuan pulau, danau dan lanskap yang diselimuti oleh rimbunan hutan pinus. Di Finlandia Anda akan disajikan berbagai destinasi wisata sejarah dan pesona alam di setiap penjuru kota.

Bila Anda sudah memiliki rencana untuk mengunjugi salah satu negara di kawasan Skandinavia ini, artikel ini merupakan jawaban yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki panduan ketika menapaki Finlandia. Persiapkan tiket pesawat Garuda Indonesia sebagai moda trasnportasi Anda untuk menggali lebih dalam mengenai Finlandia. Berikut enam destinasi yang wajib Anda kunjungi di Finlandia.

Helsinki

Terkenal sebagai ibukota Finlandia, kota ini termasuk kota yang sangat indah untuk dikunjungi dan terletak di Pantai Teluk Finlandia. Pada tahun 1812, Kota Pelabuhan ini dibangun dengan gaya arsitektur neo klasik yang diselimuti warna emas putih dan sangat mencolok bila Anda sedang berplesir menggunakan kapal di sekitar Pantai Teluk tersebut. Di kota ini Anda akan menemukan salah satu bangunan yang paling menonjol di Helsinki, yakni Katedral Helsinki yang dipengaruhi oleh gaya arsitektur dari Rusia.

Turku

Bila Anda mengunjungi pesisir selatan Finlandia, Anda akan menemukan salah satu pemukiman tertua di Finlandia, yakni Kota Turku. Di Kota ini Anda akan menemukan Kastil Turku yang berdiri kokoh sejak abad ke-13. Kastil tersebut terletak di tepi sungai Aura dan distrik Luostarinmaki yang setiap jalannya terbuat dari bebatuan dan rumah yang dibangun menggunakan kayu. Ketika bersinggah di kota ini, berkunjunglah ke museum kerajinan tangan Luostarinmaki untuk melihat para pengrajin yang terngah menciptakan berbagai kerjainan, muai dari sepatu hingga tembikar dengan cara yang tradisional.

Rovaniemi

Kota ini terletak di terpian danau Inari yang tertutup es. Sekilas kawasan ini seperti rumah resmi Santa Claus di Finlandia, sehingga banyak menarik banyak wisatawan untuk berkunjung dan mengabadikan momen di sini. Selain itu Anda juga dapat berjalan di atas jembatan Jatkankynttila untuk menambah kenikmatan saat berjalan kaki. Anda juga dapat menemuka ruma Lappia yang berfungsi sebagai teater lokal. Di Rovaniemi ini Anda juga dapat menikmati aurora borealis atau aurora utara yang siap menghibur mata Anda.

Porvoo

Ketika Anda mengunjungi kota ini, Anda akan disajikan dengan pola jalan khas abad pertengahan yang dipadati oleh rumah-rumah dengan gaya abad ke-17 di Skandinavia. Deretan rumah kayu yang  mendominasi kota ini, docat dengan warna merah serta oranye di sepanjang sungai Porvoo. Kota Provoo terkenal dengan ‘uzur’nya kota ini, karena beberapa bangunan yang terdapat di kota ini dibangun sejak abad ke-11.

Savonlinna

Karena sepertiga bagian Finlandia ditutupi oleh air (danau, teluk, sungai, dan gletser) hal itu membuat Finlandia memiliki keunikan tersendiri, salah satunya yang Anda temukan di Savonlinna. Di sini Anda dapat melakukan aktivitas luar ruangan seperti berkano di fjord untuk menikmati keindahan alam yang diberikan oleh Savonlinna. Di sini Anda juga dapat menemukan Kastil Saint Olaf yang berdiri tegak sejak 1475. Katil ini kerap digunakan sebagai opera festival yang terkenal dan beberapa musisi seperti Tchaikovsky pernah menunjukkan kehebatannya di kastil ini.

Vaasa

Kota yang dibangun pada abab ke-17 di kawasan Pantai Barat Finlandia ini, mengartikulasikan pengaruh Swedia di bawah pemerintahan Charles IX dari Swedia. Kota ini sempat dibangun kembali oleh pemerintahan Rusia di bawah pemerintahan Tsar Nikolas I. Dewasa ini Vaasa merupakan salah satu kota modern yang didesain dengan bagunan maritim dan disulap menjadi ruang kuliah dan isntitusi pendidikan. Selain itu, Vaasa memiliki museum seni modern kuntsi sebagai wadah koleksi seni terpenting di negara ini.